Rabu, 02 Agustus 2017

Membuat Cairan Oralit Sendiri

Cara membuat oralit untuk mencegah dehidrasi pada saat sobat mengalami diare. Dehidrasi yang terjadi karena sobat kehilangan banyak cairan dan elektrolit pada saat diare cukup berbahaya. Selain menyebabkan lemas karena kekurangan cairan, dehidrasi ini lebih parah dapat menyebabkan kematian.
Bagi Sobat yang rentan terkena diare atau lebih dikenal mencret, maka ada banyak cara untuk mengatasinya. Salah satunya adalah dengan membuat Oralit. Jadi, Sobat ketika merasa perut mulas, sakit, dan bolak balik buang air besar, maka ada beberapa cara untuk membuat oralit dan problem diare dapat diatasi. Apalagi bagi anak-anak atau balita, tentu diare sangat berbahaya, dapat menyebabkan kematian, dehidrasi parah, menyebabkan lemas dan kemungkinan buruk lainnya.
Nah, bagi Sobat yang kebetulan menjadi ayah atau bunda, hendaknya sigap dalam menangani penyakit diare yang sering dialami si buah hati dan tahu secara tepat dan cepat untuk mengatasinya.

Oralit bermanfaat sebagai pengganti cairan tubuh yang banyak hilang bersama air besar saat BAB. Di samping pengganti cairan, Oralit juga mengandung banyak zat-zat bermanfaat seperti glukosa dan garam yang penting untuk menyembuhkan penyakit diare dan meminimalisir dehidrasi parah.
Terlebih bagi penderita dengan kondisi fisik lemah dan kondisi diare parah, otomatis kehilangan banyak sekali cairan dan dapat menyebabkan kematian. Selainkekurangan cairan dan mineral dalam tubuh, virus penyebab diare juga memperburuk si penderita. Sehingga pemberian Oalit harus pas dan tepat.

Cara Mengatasi Diare

Oralit ini sebenarnya tidak mengobati diare, melainkan mengganti cairan tubuh yang hilang akibat diare. Cairan elektrolit pada tubuh yang hilang akan digantikan dengan cairan elektrolit yang diberikan. Selain memberikan oralit, sobat juga harus memberikan obat untuk mengatasi atau mengobati diare yang terjadi.
DIare yang terjadi pada bayi, berbeda penangannya dengan diare pada orang dewasa. Kebanyakan diare pada bayi disebabkan karena alergi terhadap beberapa jenis susu formula. Untuk mengetahui tentang bagaimana cara mengatasi diare pada bayi, bisa sobat baca di Cara Alami dan Aman Mengatasi Diare pada Bayi

Cara Membuat Oralit di Rumah

Untuk membuat oralit ada beberapa jenis pilihan yang bisa sobat lakukan. Cara pertama, dengan obat oralit yang banyak dijual di apotik, toko obat, posyandu, polindes atau rumah sakit yang sudah dalam bentuk kemasan dengan merek seperti Alphatrolit, Aqualyte, Bioralit dan Corsalit.
Cara membuatnya:
  1. Sediakan air hangat dalam satu gelas sebanyak 200 ml
  2. Bubuk oralit dimasukkan dalam air hangat dalam gelas.
  3. Diaduk sampai rata dan benar-benar larut.
  4. Oralit siap untuk diminum.
ads by google :
Cara Kedua, dengan menggunakan larutan gula dan garam
  1. Sediakan satu sendok teh gula
  2. Sediakan garam seperempat sendok teh
  3. Air hangat yang sudah dimasak 1 gelas
  4. Campur gula, garam dalam air hangat, lalu diaduk sampai larut dan merata
  5. Diminum setelah ketika menderita diare.

Takaran Pemberian Oralit

Takaran oralit yang diberikan berbeda-beda antara penderita yang masih balita, anak-anak, remaja dan dewasa. Sobat jangan sampai memberikan dengan salah takaran, karena bisa jadi kurang, tidak mempan atau bisa jadi overdosis dan malah menambah parah penyakit yang diderita.
Takaran oralit dapat dilihat sebagai berikut:
  1. Umur kurang 1 tahun takarannya adalah 50 sampai 100ml atau sama dengan seperempat sampai setengah gelas
  2. Umur 1 – 4 tahun takarannya 100 ml sampai 200 ml atau sama dengan setengah sampai satu gelas.
  3. Umur 5 – 12 tahun takarannya sekitar 600 ml atau sama dengan 3 gelas.
  4. Umur 12 tahun – dewasa takarannya 1,5  liter atau sama dengan 6 gelas.

Manfaat Oralit Bagi Penderita Diare

Oralit secara khusus banyak memiliki manfaat sebagai berikut:
  1. Mengurangi kuantitas volume tinja agar tidak terus-menerus keluar terutama tinja yang berbentuk cairan.
  2. Mencegah rasa mual dan muntah
  3. Mencegah dehidrasi
Cara spesifik memberikan Oralit adalah sebagai berikut:
  1. Berikan secara sedikit demi sedikit dengan sendok teh. Jangan diberikan sekaligus. Dengan sedikit demi sedikit akan membuat oralit menyerap dengan baik.
  2. Hentikan pemerian oralit selama 10 menit jika si penderita muntah. Karena makin menambah mual dan dikeluarkan sia-sia jika larutan oralit yang sudah dibuat diberikan. Tahan dulu hingga muntah dan mual agak mereda.
  3. Lanjutkan secara pelan-pelan satu sendok dalam tiap 2 menit.
  4. Buat larutan oralit yang baru jika larutan dalam gelas sudah habis sampai penyakit diare mereda.
Semoga tips tentang cara membuat oralit diatas bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar